Wakil Bupati Hadiri Rapat Aksi 2 Percepatan Penurunan Stunting TA 2023

Oleh editor



Kabanjahe - Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting hadiri Rapat aksi 2 Penurunan Stunting di Ruang Rapat Bupati, Jumat (24/02) pagi.


Dalam arahannya, Wakil Bupati selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) menyampaikan penuntasan permasalahan stunting merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menunjang pembangunan manusia di Kabupaten Karo.


“Semua stakeholder bersama-sama terus berkomitmen dan berkolaborasi untuk melaksanakan percepatan penurunan stunting ini,” katanya.


Wakil bupati menjelaskan berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 angka prevalensi stunting di Kabupaten Karo sebesar 24,9 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari pada prevalensi angka stunting Provinsi Sumatera Utara yaitu 21,1 persen. Menurutnya, angka tersebut  merupakan tantangan dalam rangka percepatan pencapaian target penurunan stunting pada tahun 2024 sebesar 14 persen.


“Dalam mencapai target itu tentunya tidak mudah dengan waktu lebih kurang 18 bulan, tapi kita harus tetap optimis” jelasnya.


Wakil Bupati Karo, mengungkapkan penurunan stunting bukan hanya tugas salah satu pihak namun menjadi tugas bersama dalam menyelesaikannya.

Rencana tindak lanjut dan rekomendasi yang disepakati bersama segera dilaksanakan yang menyentuh langsung seluruh keluarga sasaran maupun keluarga berisiko stunting.


Pada pertemuan tersebut, Kabid Pemerintahan & Pembangunan Manusia Bappedalitbang memaparkan terkait program kegiatan yang mendukung percepatan penurunan stunting yang diprioritaskan pada 29 desa lokus stunting dari setiap perangkat daerah, dana desa, mitra kerja maupun dukungan CSR. Penentuan desa lokus berdasarkan tren peningkatan angka stunting yang tinggi dan rendahnya layanan sanitasi dan air bersih.

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana,  dr. Arjuna Wijaya, Sekretaris Bappedalitbang, Hasyim Siregar, TA.Satgas Stunting Karo, mitra kerja dari

USAID ERAT& Corus International,

Kantor Departemen Agama, Perangkat Daerah terkait pendukung program penurunan stunting, Camat serta undangan lainnya.